Kamis, 02 Juni 2022

3.9.2 MENERAPKAN CLASS LIBRARY DALAM PEMROGRAMAN APLIKASI BERORIENTASI OBYEK


Library adalah sekumpulan package atau koleksi kelas yang telah disediakan oleh Java. Untuk menggunakan Library dalam java kita menggunakan syntax import.

Syntax import digunakan untuk mengimport/memasukan method-method dari class/library yang lain, sehingga method tersebut dapat digunakan pada class yang memanggilnya. Fungsi ini harus diletakan pada baris awal program.

Contoh:

  1. import java.io.*; Perintah diatas digunakan untuk mengimport method-method java yang berkaitan dengan fungsi input dan output.
  2. java.lang (berisi kelas-kelas fundamental yang sering digunakan).
  3. java.awt dan javax.swing (berisi kelas-kelas untuk membangun aplikasi GUI)
  4. java.io (berisi kelas-kelas untuk proses input output)
Import pada java serupa dengan perintah include pada bahasa C, atau perintah USES pada Pascal/Delphi.

scanner

Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna

Perintah-Perintah yang digunakan :
  1. import java.util.Scanner; Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program.
  2. Scanner sc = new Scanner (System.in); Ini membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat , yang terpenting adalah tidak membuat eror atau anda kebingungan.
  3. panjang = sc.nextInt(); Berfungsi untuk penginputan data yang akan di buat dari kita, panjang adalah nama variabel . Syntax tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double maka gunakan panjang = input.nextDouble(); 

import java.util.Scanner;
public class Latihan_java {


    public static void main(String[] args) 
    {
        int panjang, lebar, hasil;
        String karakter;
        
        hasil = 0;
        Scanner sc = new Scanner(System.in);
        System.out.println("Program Penghitung Luas dan Keliling Persegi panjang");
        System.out.print("Masukan Panjang Persegi: ");
        panjang = sc.nextInt();
        
        System.out.print("Masukan Luas Persegi: ");
        lebar = sc.nextInt();
        
        System.out.println("Tekan (L) untuk melihat Luas");
        System.out.print("Tekan (K) untuk melihat keliling: ");
        karakter = sc.next();
        switch(karakter)
        {
            case "L":
                hasil = panjang * lebar;
                break;
                
            case "K":
                hasil = 2 * (panjang + lebar);
                break;
                
            default:
                System.out.print("Anda salah memasukan inputan");
                break;
        }
        sc.close();
        System.out.print("Hasilnya adalah: " + hasil);
        System.out.println();
    }
    
}

0 komentar:

Posting Komentar