Kamis, 02 Juni 2022

3.9.3 MEMBUAT KODE PROGRAM APLIKASI BERORIENTASI OBYEK YANG MENERAPKAN CLASS LIBRARY


Scanner merupakan perintah untuk membuat objek atau menginisialisasi object yang diinginkan pengguna atau yang diinputkan pengguna

Perintah-Perintah yang digunakan :
  1. import java.util.Scanner; Ini untuk memasukan fungsi Scanner pada program.
  2. Scanner sc = new Scanner (System.in); Ini membangun/membuat sebuah Scanner baru yang menghasilkan nilai-nilai yang dipindai dari file yang ditentukan. Data adalah nama scanner yang akan di buat , kita bisa merubah sesuai dengan data yang akan kita buat , yang terpenting adalah tidak membuat eror atau anda kebingungan.
  3. panjang = sc.nextInt(); Berfungsi untuk penginputan data yang akan di buat dari kita, panjang adalah nama variabel . Syntax tersebut berfungsi pada tipe data integer , contohnya pada tipe data double maka gunakan panjang = input.nextDouble(); 

import java.util.Scanner;
public class Latihan_java {


    public static void main(String[] args) 
    {
        int panjang, lebar, hasil;
        String karakter;
        
        hasil = 0;
        Scanner sc = new Scanner(System.in);
        System.out.println("Program Penghitung Luas dan Keliling Persegi panjang");
        System.out.print("Masukan Panjang Persegi: ");
        panjang = sc.nextInt();
        
        System.out.print("Masukan Luas Persegi: ");
        lebar = sc.nextInt();
        
        System.out.println("Tekan (L) untuk melihat Luas");
        System.out.print("Tekan (K) untuk melihat keliling: ");
        karakter = sc.next();
        switch(karakter)
        {
            case "L":
                hasil = panjang * lebar;
                break;
                
            case "K":
                hasil = 2 * (panjang + lebar);
                break;
                
            default:
                System.out.print("Anda salah memasukan inputan");
                break;
        }
        sc.close();
        System.out.print("Hasilnya adalah: " + hasil);
        System.out.println();
    }
    
}

0 komentar:

Posting Komentar